Latest News

Antisipasi Banjir Bupati Intruksikan Bangun Tanggul Darurat


Bupati Tanggamus Hi.Bambang Kurniawan saat meninjau beberapa sungai di Tanggamus salah satunya Way Belu Kecamatan Kotaagung Barat. (Foto dok Radar Tanggamus)
SEMAKA—Banjir yang melanda delapan pekon di Kecamatan Semaka, Sabtu (12/3) direspon cepat Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, S.T, orang nomor satu dijajaran Pemkab Tanggamus itu langsung mengintruksikan kepada satuan perangkat kerja daerah (SKPD) terkait untuk langsung membuat tanggul darurat didaerah yang terkena imbas luapan Way Semaka.
Hal itu diungkapkan bupati saat meninjau langsung beberapa pekon di Kecamatan Semaka  yang terkena dampak Banjir, Senin (14/3).
Dalam peninjauan tersebut, Bupati Tanggamus didamping oleh Ketua TP-PKK Tanggamus Hj. Dewi Hadajani, SE. M.M., Kapolres Tanggamus AKBP Ahmad Mamora, Dandim 0424 Tanggamus Letkol. (Inf) Kristomei Sianturi, Kepala BPBD Tanggamus Ovi Ariansyah, Sekretaris Dinas PU Okta Rizal, Kepala Diskominfo Tanggamus Sabaruddin dan Camat Semaka Hermansyah.
Untuk mengatasi banjir ini, rencananya Pemkab Tanggamus akan membangun tanggul di beberapa titik yang rawan terhadap banjir. Dimana, tanggul tersebut nantinya akan dibangun setinggi dua meter dengan lebar dua meter“Nanti akan kita turunkan lima alat berat jenis eksavator  untuk membangun tanggul di beberapa titik yang rawan banjir,” katanya, usai meninjau lokasi banjir di Pekon Karangrejo, Kecamatan Semaka, Senin (14/3).
Bambang mengintruksikan kepada SKPD terkait untuk segera menginventarisasi seluruh lokasi titik rawan yang akan dibangunkan tanggul.”Setelah ini, SKPD terkait nanti akan langsung mengintervarisasi lokasi yang akan dibangun tanggul,” ujarnya.
Selain itu, Bambang juga mengintruksikan kepada seluruh kepala pekon yang wilayahnya terkena bencana banjir untuk segera mendata seluruh areal pemukiman, peternakan, pesawahan. Dan juga melakukan musyawarah kepada pihak kecamatan dan melakukan sosialisasi pembangunan tanggul kepada masyarakat.
”Jangan sampai nanti ada yang menggerutu dan marah karena wilayah tanahnya digunakan untuk membangun tanggul, jadi kepada seluruh kepala pekon yang wilayahnya terendam banjir saya minta untuk menyosialisasikan terlebih dahulu tentang pembangunan tanggul itu kepada masyarakat,” jelasnya.
Ia menerangkan, jika saat ini Pemkab Tanggamus sudah menyiapkan bantuan sosial berupa beras sebanyak 10 Ton yang nantinya akan diberikan kepada para korban banjir.
Untuk diketahui, banjir yang melanda beberapa pekon di wilayah Kecamatan Semaka yakni Pekon Karangrejo, Kacapura, Garut, Sidodadi, Tugurejo, Kanoman, Sudimoro dan Sri Purnomo. Banjir terjadi akibat meluapnya sungai Way Semaka. Sabtu (12/3) dinihari sekitar Pukul 01.00 WIB.  Banjir ketiga kalinya yang terjadi dalam dua pekan ini merupakan banjir terparah. Dimana, ketinggian air mencapai 80 centimeter. Dari pantauan Koran ini hingga Kemarin (14/3), banjir di Pekon Karangrejo belum juga surut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAMBANG KURNIAWAN CENTER Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.