Latest News

Lomba Kesrak PKK ; Tanggamus Diwakili Pekon Tanjung Anom

Tanggamus, seputarlampung.co.id — Penilaian Lomba Kesatuan Gerak (Kesrak) PKK-KB-Kesehatan Tingkat Provinsi Lampung yang di wakili oleh Pekon Tanjung Anom Kecamatan Kotaagung Timur Kabupaten Tanggamus telah berlangsung, Kamis (3/12/2015) lalu.
Dalam eksposnya Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus Hj. Dewi Handajani, SE.,MM., mengatakan sasaran kesrak kali ini adalah keluarga Pra Sejahtera dan Keluarga Sejahtera 1 (satu) yang ada di Kabupaten Tanggamus sejumlah 84.381 keluarga, yang tersebar di 20 Kecamatan dan 302 Pekon/Kelurahan.
Untuk mensukseskannya telah dilakukan Kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-KesehatanTahun 2015 Tingkat Kabupaten Tanggamus, meliputi Program Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Bidang Keluarga Berencana (KB), meliputi Program Keluarga Berencana, Bidang Kesehatan meliputi Gemar ( Generasi Muda Anti Rokok ) Kegiatan ini merupakan program Penyadaran tentang bahaya merokok yang sasarannya remaja.
Tim-Penilai-Lomba-Kesrak-didampingi-Ketua-TP-PKK-Tanggamus-saat-tinjau-Gelanggang-Pasar-dari-PKK-Kecamatan-se-Tanggamus
Dewi melanjutkan, dalam Pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan dan 10 Program Pokok PKK Tahun 2015 Tingkat Kabupaten Tanggamus yang berlangsung dari Bulan Oktober s/d Desember 2015 telah dapat menunjukkan hasil yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat diantaranya dibidang Pembinaan Dasa Wisma, Melalui kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan dan 10 Program Pokok PKK Tahun 2015 telah dilaksanakan pembinaan kepada masyarakat sasaran, melalui wadah Dasa Wisma sejumlah 7.307 Kelompok Dasa Wisma. Dan terbentuknya Kelompok Dasa Wisma baru sejumlah 113 kelompok.
“Selain itu juga, melalui Momentum lomba ini telah dilakukan kegiatan-kegiatan Penyuluhan dalam rangka merubah sikap dan prilaku masyarakat yang meliputi bidang kesehatan, Keluarga Berencana, Kesejahteraan Keluarga serta Ketahanan Keluarga, rata-rata sejumlah 339 kali penyuluhan,” urai Dewi
Untuk pembinaan Kesertaan Ber-KB Dalam masa kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan dan 10 Program Pokok PKK telah berhasil membina peserta KB Baru sejumlah 12.331 Akseptor dari target sejumlah 17.200 Akseptor dan peserta KB Aktif sejumlah 81.065 Akseptor dari target 85.117 Akseptor.
Sementara dibidang Kesehatan ini Kabupaten Tanggamus lebih terfokuskan pada perubahan sikap dan prilaku masyarakat dalam hal menjaga kebersihan lingkungan. Melalui kegiatan penyuluhan ini mengingat kondisi saat ini banyak jenis penyakit yang disebabkan oleh kondisi kebersihan lingkungan yang kurang memadai. Tambahnya
Bupati Tanggamus Hi. Bambang Kurniawan, ST., dalam sambutannya berharapkan melalui kegiatan ini, akan semakin meningkatkan motivasi dan pelaksanaan Kesrak PKK KB Kesehatan di Pekon Tanjung Anom Kabupaten Tanggamus dan Provinsi Lampung pada umumnya. pasalnya dengan keberhasilan pelaksanaan program PKK-KB-Kesehatan di Kabupaten Tanggamus. Maka sudah tentu akan sangat mendukung terhadap berbagai program pembangunan di Kabupaten Tanggamus, juga di Provinsi Lampung.
Tim-penilai-lomba-saat-tinjau-administrasi-sekretariat-lomba-di-balai-pekon-tanjung-anom
Menyadari akan pentingnya hal tersebut, maka selama ini Pemerintah Kabupaten Tanggamus bersama Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus. Telah bersinergi dan berupaya semaksimal mungkin, agar pelaksanaan program Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan-Posyandu, PHBS serta Lingkungan Bersih dan Sehat di Bumi Begawi Jejama dapat berjalan dengan baik, serta mampu memberikan hasil sebagaimana yang kita harapkan.
“Besar harapan kami, kiranya Pekon Tanjung Anom dapat ditetapkan sebagai Pelaksana Terbaik Pertama pada Penilaian Kesrak PKK-KB-Kesehatan-Posyandu, PHBS serta Lingkungan Bersih dan Sehat Tahun 2015 Tingkat Provinsi Lampung ini,” harap Bupati
Memfoto-Peserta-Kader-Kesra.-Ketua-Tim-Penilai-Uki-Basuki-nomor-dua-dari-kiri-sedang-memfoto-kader-GEMAR.-dalam-acara-lomba-Kesrak-PKK-di-Pekon-Tanjung-Anom.2jpg-1030x747
Selanjutnya, Ketua Tim Penilai Lomba Uki Basuki, S.Km., M.Kes., mewakili Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung Hj. Yustin Ridho Ficardo, S.Sos., mengatakan pelaksanaan Kesrak PKK-KB-Kesehatan pada tahun 2015 akan dilakukan penilaian terhadap empat jenis kegiatan, yakni Pelaksanaan terbaik kegiatan kesatuan gerak PKK-KB Kesehatan, Pelaksana terbaik Posyandu, Pelaksana terbaik PHBS dirumah Tangga dan Pelaksana terbaik lingkungan bersih dan sehat.
Uki menjelaskan penilaian dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten/kota, provinsi dan nasional dalam kategori kabupaten dan kota. Selanjutnya hasil penilaian dari Provinsi Lampung akan disampaikan ke tingkat pusat untuk di adakan klarifikasi ke kabupaten/kota yang menjadi nominasi.
Kabupaten kota yang dikunjungi oleh tim pusat berearti termasuk dalam enam besar pelaksana terbaik tingkat nasional. “Mudah-mudahan kita berharap agar Kabupaten Tanggamus dapat menjadi juara mewakili lampung dalam pelaksana terbaik tingkat nasional selanjutnya,” pungkas Uki.
Hadir dalam acara tersebut 11 anggot Tim Penilai dari Provinsi Lampung, Para Asisten, Kepala Dinas, Camat, KUPT, jajaran Pengurus GOW, DWP, Serta Unsur Pimpinan Kecamatan se-Kabupaten Tanggamus.
Sumber: tanggamus.go.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAMBANG KURNIAWAN CENTER Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.