Latest News

Pemkab Tanggamus Fasilitasi Terbentuknya P2TP2A


KOTA AGUNG (Lampost)-- Guna mengatasi semua permasalahan perempuan dan anak di Tanggamus, pemkab setempat berkomitmen memfasilitasi terbentuknya Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) “Lamban Ratu Agom”. Lembaga ini menaungi serta melindungi keberadaan perempuan dan anak.

Hal tersebut dikatakan pembina P2TP2A Tanggamus Dewi Handajani saat memberikan sambutan sosialisasi P2TP2A Lamban Ratu Agom di Balai Pekon Lengkukai, Kecamatan Kelumbayan, Rabu (2/9/2015).

Menurut Dewi, kemajuan sebuah wilayah umumnya dibarengi dengan semakin meningkatnya berbagai kasus sosial yang meresahkan masyarakat. Seperti KDRT, pelecehan seksual serta perdagangan manusia atau trafficking yang sebagian besar korbannya adalah kaum perempuan dan anak-anak.

Selama ini masih ada pandangan masyarakat yang menganggap bahwa masalah kekerasan dalam rumah tangga adalah urusan intern keluarga sehingga diselesaikan oleh keluarga. Sebagaian masyarakat juga berpendapatat bahwa campur tanggan pihak lain dianggap tidak lazim. Hal tersebut akan menghambat proses perlindungan terhadap perempuan dan anak yang menjadi korban KDRT ataupun traficking.

Ke depan P2TP2A diharapkan dapat memberikan informasi dan mensosialisasikan berbagai program untuk mengatasi terjadinya KDRT, traficking dan pelecehan seksual. "P2TP2A merupakan salah satu lembaga yang kehadirannya dapat membantu penyelesaian dan pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak dengan berbagai program pelayananya," katanya.

Dewi juga berharap peserta sosialisasi dapat melaporkan setiap permasalahan KDRT, pelecehan seksual, kasus traficking dan permasalahan lainnya yang dihadapi oleh perempuan dan anak kepada P2TP2A “Lamban Ratu Agom” Tanggamus. Selain itu, peserta sosialisasi ini dapat menyampaikan kepada masyarakat luas tentang keberadaan lembaga P2TP2A agar permasalahan yang dihadapi perempuan dan anak dapat segera diselesaikan serta terlindungi hak-haknya.

"Kepada pengurus P2TP2A saya harapkan agar dapat meningkatkan lagi koordinasi dan kerjasama dengan instansi pemerintah, unsur penegak hukum, pihak swasta dan organisasi kemasyarakatan lainnya. Sehingga kinerja P2TP2A Lamban Ratu Agom Tanggamus akan semakin meningkat dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat," harapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAMBANG KURNIAWAN CENTER Designed by Templateism.com Copyright © 2014

Diberdayakan oleh Blogger.